Nama/NIM
: I Made Gede Suryadinatha/1204505069
Jurusan/Fakultas/Universitas
: Teknologi Informasi/Tekni/U. Udayana
Mata
Kuliah
: Sistem Temu Kembali Informasi
Dosen
: I Putu Agus Eka Pratama, S.T.,
M.T.Sekilas Sejarah SEO
Menurut Danny Sullivan, istilah Search Engine Optimization pertama kali digunakan pada 26 Juli
tahun 1997 oleh sebuah pesan spam yang diposting di Usenet. Pada masa itu algoritma mesin pencari belum terlalu
kompleks sehingga mudah dimanipulasi.
Versi awal algoritma pencarian didasarkan sepenuhnya pada
informasi yang disediakan oleh webmaster
melalui meta tag pada kode html situs web
mereka. Meta tag menyediakan informasi tentang konten yang terkandung pada
suatu halaman web dengan serangkaian
kata kunci (keyword).
Sebagian webmaster
melakukan manipulasi dengan cara menuliskan kata kunci yang tidak sesuai dengan
konten situs yang sesungguhnya, sehingga mesin pencari salah menempatkan dan
memeringkat situs tersebut. Hal ini menyebabkan hasil pencarian menjadi tidak
akurat dan menimbulkan kerugian baik bagi mesin pencari maupun bagi pengguna
internet yang mengharapkan informasi yang relevan dan berkualitas.
sumber
: http://id.wikipedia.org/wiki/Optimisasi_mesin_pencari/
Pengertian
dan Definisi SEO
SEO atau kepanjangan
dari (Search Engine Optimization)
adalah suatu cara atau teknik untuk membuat situs atau blog kita berada pada halaman/posisi satu di mesin pencarian (search engine) seperti Google,
Bing,
dan Yahoo.
Pengertian dari SEO
juga sangat luas tetapi semuanya mencakup hal yang sama yaitu mengoptimisasi
suatu halaman website/blog agar
berada pada halaman/posisi satu di search engine dengan kata kunci yang
ditarget.
Menyusun Rencana SEO
- Menentuka Prioritas
Prioritas tertinggi semestinya diberikan kepada
halaman yang diharapkan akan menjadi yang paling banyak dikunjungi, misalnya
homepage atau halaman dimana pengunjung diharapkan akan mengambil keputusan
untuk membeli produk yang kita tawarkan. Alokasikanlah sebagian besar waktu,
tenaga, dan (mungkin) dana pada halaman-halaman yang menjadi priorits.
- Analisa Website
Buatlah tabel untuk menganalisa masing-masing
halaman. Teliti masing-masing elemen yang kita ketahui sebagai faktor yang
menentukan keberhasilan suatu halaman website untuk mendapatkan ranking yang
baik. Karena SEO merupakan proses yang berkelanjutan, ada baiknya juga
disertakan kolom untuk memberi tanda jika penyempurnaan telah selesai
dilakukan, dan kolom untuk nanti menuliskan pengamatan kita tentang hasil
penyempurnaan tersebut dan rencana tindak lanjutnya.
Strategi SEO
SEO adalah pekerjaan berat. Diperlukan banyak
waktu, tenaga, dan pikiran untuk mengoptimasi elemen-elemen yang tepat dengan
tepat, sehingga mesin pencari bukan hanya menemukan, tetapi juga meng-indeks
dan memberikan ranking yang tinggi pada daftar hasil pencarian terhadap kata
kunci yang ditargetkan.
SEO adalah kumpulan strategi untuk memperbaiki tingkat dimana
website ditempatkan denga ranking yang tinggi pada daftar hasil pencarian,
ketika pengunjung melakukan pencarian di mesin pencari, dengan menggunakan kata
kunci yang relevan.
Keberhasilan SEO lebih terjamin jika kita
berkonsentrasi dengan mengimplementasikan strategi satu persatu, dan tenpat
yang tepat untuk memulainya adalah sejak website dirancang. Hal yang pertama
menarik mesin pencari adalah design website. Tag, link, struktur navigasi, dan
isi adalah beberapa elemen yang menarik perhatian crawler.
Keuntungan Melakukan SEO
Banyak sekali keuntungan dari melakukan SEO yang tidak bisa
saya sebutkan satu persatu, diantaranya yaitu :
1.
Mendatangkan Traffic yang
Banyak
Kita semua pasti
tahu jika situs atau blog berada pada
halaman satu Search Engine pasti akan
mendatangkan pengunjung (Traffic)
yang sangat besar, tergantung pada keyword
yang kita target dan besar kecilnya data hasil pencarian dari Google
Planner.
2.
Meningkatkan Penjualan
Jika suatu situs
menjual suatu produk atau barang seperti lazada.co.id yang menjual aneka barang
seperti laptop atau lainnya, maka jika ada orang mencari di google dengan keyword “jual laptop murah” kemudian situs tersebut ranking 1, maka sudah 95% lazada akan
mendapatkan penjualan dari hasil SEO tersebut.
3.
Meningkatkan Daya Saing
Mudah saja untuk
keuntungan SEO yang satu ini, jika posisi suatu situs lebih tinggi maka secara
otomatis daya saingnya pun akan lebih tinggi. Masih banyak lagi keuntungan dari
SEO ini yang tidak saya sebutkan semua, karena saya yakin dengan 3 hal diatas
saja pasti anda sudah mengerti mengenai keuntungan SEO.
Dasar SEO
Dasar SEO ini merupakan pondasi yang bisa dibilang sangat
wajib diketahui oleh pemula di dunia Search Engine
Optimization karena hal tersebut merupakan suatu hal yang harus dan
diterapkan jika anda ingin menjadi ahli seo atau membuat situs berada pada halaman/posisi
satu google
dengan kata kunci yang anda target.
1. On Page SEO
On Page SEO adalah
suatu teknik mengoptimisasi halaman website
dengan menerapkan beberapa dasar keyword
yang ditarget kedalamnya. Keuntungan dari On
Page SEO ini yaitu situs akan lebih dinilai relevan oleh google, juga jika halaman tersebut hanya
mendapatkan sedikit backlink bisa
dipastikan akan mudah ranking #1 Google.
Berikut dasar yang
harus diterapkan dalam On Page SEO :
1. Title Tag
2. Meta Description
3. URL
4. Heading (h1, h2, h3, h4)
5. Image & Image ALt Tag
6. Link to Site Authority
2. Meta Description
3. URL
4. Heading (h1, h2, h3, h4)
5. Image & Image ALt Tag
6. Link to Site Authority
1. Tittle Tag
Title Tag itu seperti
judul pada suatu posting/artikel
tetapi berbeda, karena umumnya Title Tag
ini dibaca oleh Search Engine, jika Title Tag tidak diganti atau sama
menyerupai judul posting maka yang
muncul pada Search Engine sebagai Title Tag yaitu judul posting tersebut. Berikut gambar contoh Title Tag.
Title Tag dapat diganti menggunakan plugin WordPress Seo by Yoast .
2. Meta Description
Meta Descriptions adalah keterangan dari
suatu halaman berdasarkan dari kalimat artikel postingan, agar Meta
Description terlihat menggoda dan menarik trafik perlu memodifikasinya
dengan menggunakan plugin SEO by Yoast
seperti yang telah dijelaskan diatas.
3. URL
URL singkatan dari Uniform Resource Locator, adalah
rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk
menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet.
Secara lebih singkat URL
yaitu rangkaian huruf yang membentuk sebuah link
yang menuju suatu halaman situs, contoh “http://www.rudinazar.com/cara-riset-keyword/”
jadi URL ini sangat berpengaruh pada Search
Engine Optimization.
4. Heading
Heading adalah sekumpulan kata yang
menjadi judul atau sub-judul dalam sebuah dokumen html. Heading berbeda dengan tag
<
title >
.
Html
menyediakan enam tingkatan heading, dimana heading level 1 (
< h1 >
) adalah yang
terbesar, biasa berada di judul posting, dan heading level 6 (< h6 >
) adalah yang
terkecil.5. Link to Authority Site
Link To Authority Site yaitu
merupakan sebuah posting yang di
dalamnya terdapat link menuju situs –
situs terpercaya / yang dipercayai google
seperti youtube, wikipedia,
facebook, dll.
Cara mengetahui situs yang telah dipercaya oleh Google yaitu dapat melihatnya dari Page Rank (PR) situs tersebut jika page rank suatu situs lebih dari 7 maka
bisa dikatakan situs tersebut sudah dipercayai google ( Authority Site
).
Cara
untuk mengetahuai Page Rank yaitu
anda cukup menginstall Extensi WebRank
SEO dari browser Google Chrome,
untuk Mozila Firefox anda dapat menggunakan seo toolbar dari seobook.
DAFTAR
PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar